KATA
PENGANTAR
Puji syukur
atas kehadiran Tuhan Yang Maha
Esa atas rahmat
dan
petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah
dengan judul
“SISTEM KOMPUTER”, yang
mana makalah ini disususn bertujuan untuk
memenuhi tugas Arsitektur
dan Organisasi Komputer dalam
menempuh
pendidikan di Sekolah
Teknologi Ilmu Management Informatika
dan Komputer
Asia Malang.
Penulis menyadari
bahwa masih banyak kekurangan dan
keterbtasan
dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis
mengharapkan
kritik dan saran yang
membangun dari semua pembaca
demi kesempurnaan
makalah ini. Semoga
makalah ini berguna dan
dapat menambah pengetahuan
pembaca.
Demikian makalah ini penulis susun, apabila ada kata- kata
yang kurang
berkenan dan banyak
terdapat kekurangan, penulis
mohon maaf yang sebesar-
besarnya.
Malang, 9 November 2009
Penulis
DAFTAR
ISI
Sampul
......................................................................................... i
Kata Pengantar
............................................................................. ii
Daftar Isi ...................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN............................................................. 1
BAB II
PEMBAHASAN.............................................................. 2
1. Sistem
Komputer ........................................................... 2
a.
Pengertian Sistem...................................................... 2
b.
Pengertian Komputer ................................................ 2
c.
Pengertian Sistem Komputer ..................................... 2
d.
Komponen-komponen Komputer .............................. 3
1.
Hardware .............................................................. 3
2.
Software................................................................ 9
3.
Brainware.............................................................. 11
2. Operasi
Sistem Komputer ............................................. 11
BAB III
PENUTUP...................................................................... 14
Daftar
Pustaka
BAB
I PENDAHULUAN
Komputer merupakan alat modern yang
tidak bisa dilepaskan dari
kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan
hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin
berkembang dan masih
akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia
mau tidak mau
harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya
bidang komputerisasi
agar kita tidak termakan oleh alat yang
kita buat sendiri.
Atas dasar itu
kami mencoba membahasnya
dalam bentuk makalah dengan
harapan
dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Banyak
sekali pembahasan tentang komputer,
tapi kami coba
menulis
makalah dengan judul
Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum atau garis
besarnya saja,
jika kami membahas
secara keseluruhan itu
membutuhkan waktu
yang
tidak sedikit dan referensi yang banyak.
Makalah
ini kami
susun sangat simpel agar
para pembaca mudah
mencernanya
dan tidak bosan membacanya,
Kami
selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang tepat
dan
menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat membaca.
BAB
II PEMBAHASAN
1. Sistem Komputer
a.
Pengertian Sistem
Sistem berasal
dari bahasa Latin (systema) dan
bahasa Yunani
(sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri
komponen atau eleven yang
dihubungkan
bersama untuk memudahkan aliran
informasi, materi atau
energi. Sistem
juga merupakan kesatuan
bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada
dalam suatu wilayah serta memiliki
item-item
penggerak.
b.
Pengertian Komputer
Komputer adalah alat
yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang
telah dirumuskan. Kata komputer
semula dipergunakan
untuk
menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan
perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat
bantu, tetapi arti
kata ini kemudian
dipindahkan
kepada mesin itu sendiri.
c.
Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer
adalah elemen-elemen yang terkait
untuk
menjalankan
suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer
terdiri dari manusianya
(brainware), perangkat unak
(software),
set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware).
Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang
terlibat dalam
suatu sistem komputer. Tentu saja
hardware tidak berarti
apa-apa jika
tidak ada salah satu dari dua
lainnya (software dan
brainware). Contoh sederhananya, siapa
yang akan menghidupkan
komputer jika
tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa
komputer
tersebut jika tidak ada softwarenya.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan
empat bagian utama:
Unit Aritmatika dan Logis
(ALU), unit kontrol,
1
memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O).
Bagian
ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
d.
Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen
dalam sistem komputer terbagi 3, yang
tidak
bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat
Keras )
· Processing Device
· Input
Device
· Output
Device
· Storage
Device
2. Software ( Perangkat
Lunak )
· Operating
System
· Application
Program
· Language
Program
3. Brainware ( Orang
Yang MengoperasikanKomputer )
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang
dapat kita lihat
dan dapat kita sentuh secara
fisik, seperti
perangkat perangkat masukan,
perangkat pemroses,
maupun
perangkat keluaran. Peralatan ini
umumnya cukup
canggih.
Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut
juga dengan instruction set tadi.
Dengan adanya
perintah
yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka
perintah
tersebut melakukan berbagai
aktifitas kepada mesin yang
dimengerti oleh mesin
tersebut sehingga mesin bisa
bekerja
berdasarkan
susunan perintah yang didapatkan olehnya.
· Processing Device
(CPU)
CPU (
Central Processing Unit ) berperanan untuk
memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan
laluan informasi menerusi system
komputer.
Unit atau peranti
pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan
peranti input ,
output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan
berkaitan.
Dalam komputer-komputer modern,
kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit
terpadu (IC - Integrated Circuit),
yang
biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU
memiliki fungsi
adalah program-program yang
disimpan
dalam memori
utama dengan cara mengambil
instruksi-
instruksi, menguji
instruksi tersebut dan mengeksekusinya
satu
persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah
operasi pembacaan instruksi (fetch)
dan operasi pelaksanaan
instruksi
( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic
Logic Unit )
Unit Aritmatika
dan Logika, atau Arithmetic Logic
Unit
(ALU), adalah alat
yang melakukan semua operasi
aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik yang
digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan
dari suatu operasi logika
sesuai dengan
instruksi program.
Operasi logika meliputi
perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama
dengan (=), tidak sama dengan (≠),
kurang
dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar
dari
(>), dan lebih besar atau sama dengan (≥)
ALU juga
dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,
penambahan dan
semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,
OR, NOT ), dan
pelaksanaan perbandingan
(membandingkan
dua slot dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur
dan mengendalikan semua
peralatan yang ada
pada sistem komputer,
kapan alat
input menerima
data dan kapan data diolah serta
kapan
ditampilkan
pada alat output.
Mengartikan instruksi-
instruksi
dari program komputer. Membawa data dari alat
input ke
memori utama. Mengambil
data dari memori
utama untuk diolah.
Mengirim instruksi ke ALU jika ada
instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika. Membawa
hasil pengolahan data kembali
ke
memori utama
lagi untuk disimpan, dan pada
saatnya
akan
disajikan ke alat output.
Selain itu CPU
juga memiliki beberapa
alat
penyimpanan
yang berukuran kecil yang
disebut dengan
Register
yang memiliki fungsi Alat
penyimpanan kecil
dgn
kecepatan akses cukup tinggi, yg
digunakan untuk
menyimpan
data dan instruksi yang
sedang diproses,
sementara data
dan instruksi lainnya yang
menunggu
giliran
untuk diproses, masih disimpan di dalam
memori
utama.
Banyak
register dalam CPU,
masing-masing sesuai
dengan
fungsinya yaitu :
1. Instruction Register
( IR )
Digunakan
untuk menyimpan instruksi yang
sedang
diproses.
2. Program Counter ( PC )
Digunakan
untuk menyimpan alamat lokasi dari
memori utama
yang berisi instruksi
yang sedang
diproses.
Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
menjadi alamat
dari memori utama
yang berisi
instruksi
berikutnya.
3. General Purpose
Register
Punya kegunaan umum
yang berhubungan
dengan
data yang sedang
diproses. Contoh, yg
digunakan
untuk menampung data disebut
operand
register,
untuk menampung hasil disebut accumulator.
4. Memory Data Register (
MDR )
Digunakan untuk menampung data atau
instruksi
hasil pengiriman dari memori utama ke CPU
atau menampung
data yg akan direkam
ke memori
utama,
hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory Address Register
Digunakan
untuk menampung alamat data
atau
instruksi
pada memori utama yg akan diambil atau yg
akan
diletakkan.
Selain
register, beberapa CPU
menggunakan
suatu cache memory
yang mempunyai kecepatan
sangat tinggi,
agar kerja CPU
lebih efisien. Tanpa
cache memory,
CPU akan menunggu sampai data/
instruksi
diterima dari memori utama, atau menunggu
hasil pengolahan selesai dikirim
ke memori utama,
baru
proses selanjutnya bisa
dilakukan. Padahal
proses dari
memori utama lebih lambat
dibanding
kecepatan
register sehingga akan banyak waktu
terbuang. Dengan adanya
cache memory, sejumlah
blok
informasi pada memori
utama dipindahkan ke
cache memory
dan selanjutnya CPU akan
selalu
berhubungan
dengan cache memory.
· Input
and Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi
dari dunia
luar, dan menaruh hasil kerjanya
di sana, dapat
berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik
(softcopy). Ada
berbagai
macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan
disk drive, ke
yang lebih tidak biasa seperti
webcam
(kamera
web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat
masukan biasa ialah
bahwa
mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
macam ke
dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut
oleh
sistem komputer
igital. Alat output,
men-decode data ke
dalam informasi yang
bisa dimengerti oleh pemakai
komputer.
1. Input Device
Input Device
adalah perangkat keras
komputer yang
berfungsi sebagai
alat untuk memasukan data atau
perintah
ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
· Keyboard
· Pointing Device
Mouse
Touch
screen
Digitizer Grapich
Tablet
· Scanner
· Microphone
2. Output Device
Output
Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke
kertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara.
Alatnya
antara lain adalah :
· Monitor
· Printer
· Speaker
· Storage
Device
Register CPU
berukuran kecil sehingga tidak
dapat
menyimpan
semua informasi, maka
CPU harus dilengkapi
dengan
alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori
utama.
Terbagi menjadi dua yaitu :
1. Internal Storage
Adalah
media penyimpanan yang terdapat
didalam
komputer
yaitu :
· RAM
( Random Access Memory )
Untuk
menyimpan program yang kita
olah untuk
sementara waktu.
Dapat diakses secara
acak ( dapat
diisi/ditulis, diambil,
atau dihapus isinya ).
Struktur
RAM
terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk
menampung input yang
dimasukkan
melalui alat input.
2. Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua
instruksi-instruksi
program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan untuk
menyimpan data yang
akan
diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk
menampung hasil akhir
dari pengolahan data yang
akan ditampilkan ke
alat
output.
· ROM
( Read Only Memori )
Memori yang
hanya bisa dibaca
dan berguna
sebagai
penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali
dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi
sesuatu
ke dalam
ROM, sudah diisi oleh pabrik
pembuatnya. Berupa
sistem operasi yg
terdiri dari
program pokok,
seperti program untuk mengatur
penampilan
karakter di layar,
pengisian tombol kunci
papan
ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
bootstrap
program. Program bootstrap diperlukan pada
saat
pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting),
yang dapat berupa cold
booting atau warm
booting.
Dimungkinkan untuk
merubah isi ROM, dengan cara
memprogram
kembali, yaitu :
1. PROM (Programmable
Read Only Memory), yg
hanya
dapat diprogram satu kali.
2. EPROM (Erasable
Programmable Read Only
Memory), dapat dihapus dgn
sinar ultraviolet, dapat
diprogram
kembali berulang-ulang.
3. EEPROM (Electrically
Erasable Programmable
Read Only Memory), dapat dihapus secara
elektronik
dan dapat diprogram kembali.
2. External Storage
Perangkat keras
untuk melakukan operasi penulisan,
pembacaan &
penyimpanan data, di luar komponen utama,
yaitu
:
· Floppy
Disk
· Hard
Disk
· CD
Room
· DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program
yang
berfungsi menyelesaikan
masalah yang dikehendaki.
Merupakan
data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer
itu
sendiri,
data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi
yang
akan dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang
diperlukan
oleh komputer untuk menjalankan perintah
yang
dijalankannya.
· Operating
System
Sistem operasi atau operating
system ialah Program
dasar
pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan
dengan
pelaksanaan program dan koordinasi dari
aktivitas
sistem komputer.
Ada beberapa macam
system operasi
diantaranya
adalah :
Linux
Windows
Mac
OS
Tugas sistem
operasi termasuk (tetapi tidak hanya)
mengurus penjalanan program di
atasnya, koordinasi Input,
Output, pemrosesan,
memori, serta penginstalan dan
pembuangan
software.
Sistem operasi,
menentukan program yang mana
dijalankan, kapan,
dan alat yang
mana (seperti memori
atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga
memberikan
servis kepada
program lain, seperti
kode (driver) yang
membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu
mesin
tanpa perlu mengetahui detail
dari semua alat
elektronik
yang terhubung.
· Application
Program
Yaitu
program komputer yang
siap digunakan atau
disebut juga
program siap pakai. Program
paket digunakan
untuk aplikasi bisnis
secara umum, aplikasi
khusus dibidang
industri,
aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi
ayau
perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh
:
Microsoft
Word
Microsoft
Excel
·
CorelDraw
X4
Dll
Language
Program
Language Program
atau bahasa pemrograman adalah
bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan komputer,
karena komputer memiliki
bahasa sendiri
maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa
Pemrograman, seperti :Bahasa komputer
yang
digunakan untuk menulis
instruksi-instruksi program untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
seperti :
Visual
basic
Turbo
pascal
Delphi
3. Brainware
Brainware adalah orang yang
mengoperasikan sebuah
komputer,
karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka
tidak
akan dapat digunakan.
2. Operasi Sistem Komputer
Secara umum,
sistem komputer terdiri
atas CPU dan sejumlah device
controller yang
terhubung melalui sebuah bus
yang menyediakan akses ke
memori. Umumnya,
setiap device controller bertanggung
jawab atas sebuah
hardware spesisfik.
Setiap device dan CPU dapat
beroperasi secara konkuren
untuk mendapatkan
akses ke
memori. Adanya beberapa
hardware ini dapat
menyebabkan masalah
sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah
memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem
komputer yang lebih maju, arsitekturnya
lebih kompleks.
Untuk
meningkatkan performa, digunakan
beberapa buah bus . Tiap
bus
merupakan jalur data
antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM,
Prosesor, GPU
(VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama
berkecepatan tinggi
yang lebih dikenal
dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain
yang lebih lambat
dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang
terhubung dengan bus
lain yang lebih cepat sampai
ke bus utama.
Untuk
komunikasi
antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab sinkronisasi bus
yang secara tak langsung
juga
mempengaruhi sinkronisasi
memori dilakukan oleh sebuah bus controller
atau
dikenal sebagai
bus master . Bus master
akan mengendalikan aliran data
hingga
pada
satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device .
Pada
prakteknya bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer
dinyalakan, yang dikenal
dengan nama booting, komputer
akan
menjalankan bootstrap
program yaitu sebuah program
sederhana yang disimpan
dalam ROM
yang berbentuk chip CMOS (Complementary Metal
Oxide
Semiconductor) . Chip
CMOS modern biasanya bertipe
EEPROM(Electrically
Erasable Programmable
Read Only Memory), yaitu memori
non-volatile (tak
terhapus jika
power dimatikan) yang
dapat ditulis dan dihapus
dengan pulsa
elektronik. Lalu bootsrap program ini
lebih dikenal sebagai BIOS
(Basic Input
Output
System) .
Bootstrap
program utama, yang
biasanya terletak di Motherboard akan
memeriksa hardware-hardware utama
dan melakukan inisialisasi
terhadap
program
dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware .
Bootstrap
program utama kemudian akan mencari dan meload kernel
sistem operasi ke
memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi.Dari
sini program
sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini
akan
menentukan
apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian
ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya
interrupt dari
software atau hardware, sehingga
Sistem Operasi ini
disebut
Interrupt-driven.
Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal
tertentu,
sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan system
call atau juga
dikenal dengan istilah
monitor call .
System/Monitor call ini
akan
menyebabkan trap
yaitu interrupt khusus yang
dihasilkan oleh software karena
adanya masalah atau permintaan terhadap layanan
sistem operasi. Trap ini
juga
sering
disebut sebagai exception .
Setiap
interrupt terjadi, sekumpulan kode yang
dikenal sebagai ISR
(Interrupt Service
Routine) akan menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk
menentukan tindakan
yang harus dilakukan,
dapat dilakukan dengan dua cara
yaitu polling yang
membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang
ada untuk menyelidiki sumber
interrupt dan dengan cara menggunakan alamat-
alamat ISR
yang disimpan dalam array
yang dikenal sebagai
interrupt vector di
mana
sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur
interrupt harus mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang
di- interrupt
. Pada komputer
lama, alamat ini
disimpan di tempat tertentu yang
tetap, sedangkan pada
komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama
dengan
informasi state saat itu.
BAB
III PENUTUP
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait
untuk menjalankan
suatu
aktifitas dengan menggunakan
komputer. Elemen dari sistem
komputer
terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat
lunak (software), set instruksi
(instruction
set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen
dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan
yaitu :
1.
Hardware ( Perangkat Keras )
·
·
·
·
Processing Device
Input Device
Output Device
Storage Device
2.
Software ( Perangkat Lunak )
·
·
·
Operating System
Application Program
Language Program
3.
Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware
ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi.
Karena itu dalam
operasi sistem komputer
untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses
memori. Untuk meningkatkan
performa, digunakan beberapa buah bus
. Tiap bus merupakan jalur data
antara
beberapa device
yang berbeda. Jika
komputer dinyalakan Bootstrap program
utama akan memeriksa hardware-hardware utama.
Pada komputer modern
biasanya ditandai
dengan munculnya interrupt dari
software atau hardware,
sehingga
Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Demikian
yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi
masyarakat pada
umumnya dan mahasiswa pada umumnya.
Apabila makalah ini
terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan/pembahasan kami
mengucapkan
mohon maaf.
DAFTAR
PUSTAKA
· http://www.perpus-online.co.cc/makalah-sistem-komputer/
· http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistem-
komputer.ppt.
· http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyE
zpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=63757987.
Anda sedang membaca artikel tentang Makalah Sistem Komputer dan anda bisa menemukan artikel Makalah Sistem Komputer ini dengan url http://anekamakalahkita.blogspot.com/2013/01/makalah-sistem-komputer.html. Anda dapat Mengcopy Artikel Makalah Sistem Komputer ini untuk kepentingan pendidikan. Semoga artikel Makalah Sistem Komputer ini bermanfaat Bagi Anda. Mohon tinggalkan komentar setelah Anda membaca artikel Makalah Sistem Komputer ini. untuk dijadikan sebagai perbaikan dari artikel ini. bagi yang mau menyumbangkan makalah kirim melalui email sangmahasiswaabadi@gmail.com