Wednesday 9 January 2013

Makalah Ilmiah “Operating System Android”

KATA PENGANTAR



          Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas taufik dan hidayah-Nya, penulis dapata menyelesaikan makalah ilmiah yang berjudul “Operating System Android” tepat pada waktunya. Penulisan Makalah ilmiah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.

          Namun demikian penulis menyadari bahwa penulisan makalah ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan. Ini semua disebabkan karena keterbatasan dan kemampuan penulis dalam hal mencari data yanag akan dijadikan sebagai sumber pengembangannya. Maka dari itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan makalah ilmiah ini di masa datang.
          Selain itu tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis baik materi maupun spiritualnya dalam penulisan makalah llmiah ini.
          Akhir kata penulis mengucapkan semoga makalah ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca umumnya dan bagi penulis khususnya.



                                                          Tangerang, 24 Desember 2011


DAFTAR ISI



Kata Pengantar............................................................................ i
Daftar Isi.................................................................................... ii

Bab I      Pendahuluan
A.     Latar Belakang......................................................... 1
B.        Rumusan Masalah.................................................... 1
C.        Tujuan Penulisan..................................................... 2
D.        Kegunaan Penulisan................................................. 2
E.        Metodologi Pengumpulan Data................................. 2

Bab II     Pembahasan
A.     Pengertian OS Android............................................ 3
B.     Sejarah OS Android................................................. 3
C.     Perkembangan Versi OS Android.............................. 4
D.    Keunggulan OS Android........................................... 7
E.     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan OS Android       8

Bab III   Penutup
A.     Kesimpulan............................................................. 10

Daftar Pustaka




A.   Latar Belakang

Gempuran telepon seluler (handphone) berbasis Android saat ini begitu gencar. Simak saja iklan-iklan di media massa yang beredar saat ini. Android yang merupakan sistem operasi untuk ponsel memiliki logo berbentuk robot  hijau menjadi software yang semakin populer digunakan pada smartphone model terbaru. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai aplikasi pada Android marketVersi Android berkembang cepat dan satu hal unik yang menandakan perbedaan versi ini adalah penamaan berdasarkan makanan. Perkembangan ponsel berbasis Android ke depan sepertinya akan lebih marak lagi. Dukungan akses internet yang saat ini mudah untuk dilakukan pada handphone dan tarif aksesnya yang semakin hari semakin murah merupakan faktor pendorong perkembangan sistem Android ini.
Oleh karena itu, makalah ini dibuat untuk menjelaskan tentang teknologi android yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia.

B.   Rumusan Masalah

Dari latar belakang yang telah dijelaskan, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
1.    Apa yang dimaksud dengan OS Android?
2.    Bagaimanakah sejarah OS Android?
3.    Bagaimanakah perkembangan OS Android?
4.    Apa keunggulan OS Android dibanding OS lain?
5.    Apa peran OS Android dibidang teknologi?

C.   Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini antara lain:
1.    Untuk mengetahui pengertian OS Android
2.    Untuk mengetahui sejarah OS Android
3.    Untuk mengetahui perkembangan OS Android
4.    Untuk mengetahui keunggulan OS Android dibanding OS lain
5.    Untuk mengetahui peranan OS Android dibidang teknologi

D.   Kegunaan Penulisan

Adapun kegunaan dari penulisan makalah ini antara lain:
1.    Untuk mengetahui perkembangan teknologi OS Android
2.    Untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia

E.   Metodologi Pengumpulan Data

Dalam penulisan makalah ini, metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode kepustakaan. Yaitu dimana penulis mencari referensi melalui internet yang berkaitan dengan pokok bahasan yang penulis kembangkan.

BAB II
PEMBAHASAN



A.   Pengertian Android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untu menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

B.   Sejarah OS Android

Android Inc, adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya. Sejarah Android dimulai dari sini.
Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menggugah minat raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nilai pembelian Android Inc ini oleh Google tidak ada release pastinya. Tetapi banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone.
Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah Android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platfor Linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.

C.   Perkembangan Versi OS Android

Seperti halnya makhluk hidup yang melakukan sebuah matamorfosis, teknologi pun juga mengalami hal yang sama. Berikut perjalanan OS Android mulai pertama kali dirilis sampai versi yang paling mutakhir.
  1. Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
  1. Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
  1. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
  1. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
  1. Android versi 2.3 (Gingerbread)
Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
  1. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.
  1. Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
D.   Keunggulan OS Android

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki OS Android dibandingkan dengan OS lain, yaitu:
1.       Multitasking –Ponsel Android bisa menjalankan berbagai macam aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu.
2.       Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tidak ketinggalan pula Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
3.       Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda hobi install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market, Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang bisa Anda download di ponsel Android.
4.       Pilihan Ponsel yang beranekaragam – Bicara ponsel Android,tentu akan teras abeda dibandingkan denagn iOS.jika iOs hanya terbatas pada iPhone dariapple, tetapi ponsel Android tersediadari berbagai produsen, seperti Sony Ericsson, Motorola, HTC, bahkan sampai Samsung. Dan pastinya dari setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘merk’ favorite.
5.       Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi – jika Anda tidak puas dengan tampilan standar Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android.
6.       Widget –dengan adanya Widget di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
7.       Google Maniak – Jika Anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga Anda bisa dengan cepat mengecek email dari gMail.

E.   Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan OS Android

Peran OS Android merupakan tonggak yang sangat penting dalam perkembangan arah kemajuan di bidang Teknologi. Dengan adanya sambutan positif, nantinya Android akan mendominasi ranah ponsel sejagat. Faktor-faktor yang menyebabkan OS Android berkembang pesat antara lain:
1.    Setiap Versi Bertambah Baik
Dengan upgrade rutin yang dilakukan, setiap versi Android dijamin semakin baik performa maupun fiturnya. Versi terbaru yakni Android 3.0 atau Honeycomb menjanjikan penambahan kualitas yang signifikan.
2.    Smartphone Android Memang Bagus
Kesuksesan Android tidak lepas dari smartphone pengusung OS ini, yang memiliki bermacam fitur bagus. Sebut saja Droid X, Galaxy S sampai HTC Evo memiliki banyak kelebihan sehingga konsumen tertarik membelinya.
3.    Menguasai pasar bisnis
Pada awalnya, Google seakan terkesan membiarkan BlackBerry dari RIM menguasai pasar enterprise. Penjualan Android lebih terfokus pada konsumen umum. Namun setelah sukses di pasar consumer, kini Android mulai membidik pebisnis dan makin banyak kalangan korporat memakai Android ketimbang BlackBerry.
4.    Menandingi produk dari Apple
Dengan hanya memasarkan iPhone 3GS dan iPhone 4, Apple semakin kelabakan melawan Android. Lusinan smartphone Android bukanlah lawan yang sebanding meski iPhone sebenarnya masih sangat laris.
5.    Memanfaatkan celah pasar Microsoft dengan baik
Peruntungan Microsoft di ranah OS mobile kurang baik belakangan ini. Peluncuran Windows Phone 7 dinilai terlambat dan pangsa pasar mereka menurun. Hal ini memberi celah bagi Android meraih semakin banyak kue pasar smartphone.
6.    Dukungan Vendor Kelas Atas
Dukungan penuh vendor kelas atas amat membantu melonjakkan popularitas Android. Bahkan mungkin tanpa dukungan nama-nama seperti Samsung, Motorola dan HTC yang menyajikan ponsel berkelas, Android tidak bakal sesukses sekarang.
7.    Reputasi baik Merek Google
Reputasi merek Google yang hebat membuat para konsumen tidak meragukan Android. Mereka sepertinya memercayai Android akan memberikan sebuah pengalaman memakai smartphone yang bisa mereka nikmati.

BAB III
PENUTUP



A.   Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux yang dikembangkan oleh dua jenis distributor sistem operasi yaitu Google atau Google Mail Services (GMS) dan Open Handset Distribution (OHD). Sampai saat ini, android memiliki tujuh macam versi yang semua versinya diberi nama berdasarkan nama makanan antara lain Cupcake, Donut, Eclair, Frozen Yogurt, Gingerbread, Honeycomb, dan versi terbaru Ice Cream Sandwich.
Peran OS Android merupakan tonggak yang sangat penting dalam perkembangan arah kemajuan di bidang teknologi karena setiap versi bertambah baik, smartphone android memang bagus, menguasai pasar bisnis, menandingi produk dari apple, memanfaatkan celah pasar microsoft dengan baik, dukungan vendor kelas atas dan reputasi merek google.

DAFTAR PUSTAKA










                                                                                                                            

Comments
1 Comments