PERSPEKTIF FILSAFAF PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA DAN
POTENSI PENDIDIKAN
I.
PENDAHULUAN
Tuhan
menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, manusia dikarunia akal,
pikiran, cipta, rasa dan karsa. Dari berbagai kelebihan yang dimiliki oleh
manusia inilah, maka manusia menjadi raja di raja di muka bumi ini. Alam ini
diciptakan untuk manusia, maka segala sesuatu yang ada disekitar manusia
menjadi objek kajian manusia mulai dari lingkungan alam, hewan dan sebagainya.
Manusia
ternyata tidak cukup hanya mengkaji alam sekitarnya, ia selanjutnya berfilsafat
tentang Tuhan dan bidang – bidang kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan lain –
lain.
II. PERMASALAHAN
Begitu
menarikny membicarakan tentang manusia dengan potensi pendidikannya dalam
pandangan filsafat pendidikan, maka disini akan dibahas tentang hakikat
manusia, pandangan filsafat pendidikan tentang manusia dan berbagai pandangan
tentang proses kependidikan serta hakikat fungsi manusia dalam proses
pendidikan.
III. PEMBAHASAN MASALAH
a. Hakikat Manusia
Pemikiran tentang hakikat
manusia, sejak zaman dahulu kala sampai zaman modern sekarang ini belum pernah
berakhir dan tak akan pernah berakhir. Memikirkan dan membicarakan tentang
hakikat manusia inilah yang menyebabkan orang tidak henti – hentinya berusaha
mencari jawaban yang memuaskan tentang pertanyaan mendasar mengenai manusia,
yaitu apa, darimana dan kemana manusia itu.
b. Ruang Lingkup Bahasan Filsafat Pendidikan
IV. ANALISIS
Dari
pembahasan di atas, dapat diambil analisis yaitu bahwa sebuah filsafat
pendidikan sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan agar para siswa dapat
menemukan realita, pengetahuan, dan nilai yang terkandung dalam suatu mata
pelajaran. Sehingga dapat berkembang menjadi lebih baik.
V. KESIMPULAN
Ilmu
filsafat merupakan ilmu yang membuat manusia untuk berpikir dengan sungguh –
sungguh sehingga menghasilkan suatu apa yang ia pikirkan dan dapat dijadikan
dalam dunia pendidikan untuk menjadikan siswa agar dapat berpikir jernih.
VI. PENUTUP
Demikian
makalah filsafat pendidikan ini kami buat, semoga isi dalam kandungan makalah
ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kekurangan dalam makalah
aliran filsafat pendidikan ini, itu merupakan suatu kekhilafan dari kami.
DAFTAR PUSTAKA
Idi, H.
Jalaluddin dan Abdullah. 2007. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz
Media
Khobir, Abdul.
2007. Filsafat Pendidikan Islam. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press
Prasetya,
Tri. 2000. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
Anda sedang membaca artikel tentang MAKALAH PERSPEKTIF FILSAFAF PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA DAN POTENSI PENDIDIKAN dan anda bisa menemukan artikel MAKALAH PERSPEKTIF FILSAFAF PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA DAN POTENSI PENDIDIKAN ini dengan url http://anekamakalahkita.blogspot.com/2013/01/makalah-perspektif-filsafaf-pendidikan.html. Anda dapat Mengcopy Artikel MAKALAH PERSPEKTIF FILSAFAF PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA DAN POTENSI PENDIDIKAN ini untuk kepentingan pendidikan. Semoga artikel MAKALAH PERSPEKTIF FILSAFAF PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA DAN POTENSI PENDIDIKAN ini bermanfaat Bagi Anda. Mohon tinggalkan komentar setelah Anda membaca artikel MAKALAH PERSPEKTIF FILSAFAF PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA DAN POTENSI PENDIDIKAN ini. untuk dijadikan sebagai perbaikan dari artikel ini. bagi yang mau menyumbangkan makalah kirim melalui email sangmahasiswaabadi@gmail.com